MEMILIH PAKAIAN SAAT HARI PERTAMA KERJA AGAR TERLIHAT PROFESSIONAL
Hari pertama bekerja merupakan momen yang ditunggu sekaligus menjadi momen yang sangat gugup apalagi untuk fresh graduate yang baru memasuki lingkup kerja professional . Bila di ada seragam mungkin tidak terlalu pusing karena hanya memilih celana dan sepatu saja, tetapi untuk tempat kerja dengan pakaian non seragam merupakan hal yang ribet. Banyak orang – orang yang terlalu gugup pada hari pertama kerja akhirnya salah memilih pakaian kerja yang mengakibatkan kesan yang kurang baik di kantor atau perusahaan.
1. PILIH PAKAIAN YANG LAZIM dan UMUM
Normalnya
pakaian kantor menampilkan kesan resmi dan rapi, seperti kemeja dan bawahan
celana kain atau kemeja yang dikombinasikan dengan blazer, ingat untuk selalu
memastikan pakaian yang kalian kenakan bersih, wangi, dan rapi.
Namun perlu diingat untuk tidak berlebihan seperti mengenakan jas atau dasi bila tidak diminta, tapi juga jangan terlalu santai dan casual seperti mengenakan jeans atau kaos. karena kita belum tahu bagaimana gaya berpakaian para pekerja diperusahaan baru itu. Jadi sebaiknya terlihat normal, rapi, wangi, dan bersih.
2. PILIH WARNA DAN MOTIF YANG NETRAL
Jangan memberikan kesan formal yang berlebihan, kesan formal ini bukan hanya apa yang menempel, namun juga tentang warna dan motif, hindari warna yang mencolok seperti kuning, merah cabai, dan lain sebagainya, maka pilihlah pakaian dengan warna yang netral seperti biru navy, coklat, atau hitam. Bila ingin menggunakan kemeja motif, pilih yang simple dan sederhana, seperti kotak-kotak tipis kecil atau garis-garis. Kamu juga bisa memakai kemeja tanpa motif (polos). Hindari motif mencolok dan besar, seperti bunga-bunga berukuran besar dengan warna mencolok.
3. AKSESORIS AGAR TIDAK MEMBOSANKAN
Aksesoris
merupakan penunjang penampilan, dapat memberi kesan berkelas dan professional. Beberapa aksesoris yang
lazim digunakan yaitu jam tangan, syal, gelang, dll. Untuk lelaki atau cowo
cukup tambahkan jam tangan yang terlihat formal, hindari jam yang terlihat
sangat casual ataupun mengenakan
gelang dan cincin selain cincin pernikahan. Perempuan sendiri dapat memilih
berbagai aksesoris seperti syal, blazer, maupun gelang, dan jam tangan.
Perlu diingat untuk selalu terlihat sederhana dan simple serta tidak membuat ribet diri sendiri.
3. LAKUKAN RISET
Biasanya setiap tempat kerja memiliki aturan atau kebiasaan berpakaiannya sendiri, sebagai contoh untuk kantor dibidang perbankan ataupun konsultan akan jauh lebih formal ketimbang kantor media ataupun hiburan. Jadi lebih baik lakukan riset terlebih dahulu, atau untuk cara aman pakailah pakaian yang normal dan standar pekerjaan formal sebelum menyesuaikan diri. Sedikit tips, kalian bisa melihat bagaimana HRD atau pewawancara kalian berpakaian. Sedikit banyak kalian akan punya gambaran.
4. SIAPKAN SEMALAM SEBELUMNYA
Selalu
siapkan pakaian kerja kalian semalam atau sehari sebelumnya, ini berlaku untuk
hari pertama maupun yang sudah bekerja. Jangan biasakan untuk mendadak dan
gugup dalam berpakaian. Untuk hari pertama kerja bisa disiapkan jauh hari saat
kalian diberi kabar bahwa kalian diterima. Dengan persiapan yang matang kalian
dapat mengecek ulang apa yang kurang dan bisa mencoba terlebih dahulu.
Kesimpulannya,
kalian harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Aturan berpakaian
pasti berbeda antara perusahaan satu dengan yang lain. Usahakan selalu rapi,
bersih, wangi, dan pantas dilihat. Selain itu juga harus diimbangi dengan kompetensi
dan performa kerja yang bagus.